Daftar Pertanyaan: Vilya


Daftar Pertanyaan
1.     Nama saudara? Vilya Sutanto
2.    Usia saudara sekarang? 18 tahun
3.  Jenjang pendidikan saudara sekarang? Sedang mengikuti S1 Psikologi di Fakultas Psikologi USU
4.    Pekerjaan saudara? Staff Pengajar di IEC
5.    Bidang pelajaran yang saudara ajarkan? Bahasa Inggris
6.    Berapa usia siswa/i kelas yang saudara ajar? Jenjang TK dan SMP.
7.    Apakah alasan Anda menjadi guru privat? (Alasan yang mendorong anda menjadi guru privat) Menambah penghasilan dan menambah pengalaman.
8.    Darimanakah Anda memperoleh pekerjaan sebagai guru privat? Dari surat kabar.
9.    Berapa lama Anda telah menjadi guru privat? Hampir setahun.
10.  Adakah kendala yang Anda hadapi dalam mengajar? Jika ada, apakah kendala tersebut? (Misalnya orang tua kurang percaya hasil, anak yang diajar pernah gagal, susahnya menjadi pengajar yang muda, ga beda jauh umur sama yang diajar, membagi waktu kuliah dan mengajar) Ada. Murid-muridnya bandel, susah diatur, kurang sopan, menyepelekan, menganggap seperti teman.
11.  Bagaimana cara Anda mengatasi hal tersebut? Mengajar dengan tegas walaupun penampilan kurang meyakinkan.
12.     Apakah Anda menguasai materi pelajaran yang Anda ajarkan? Ya, ada peraturan dari IEC, para staff pengajar harus membuat Lesson Plan terlebih dahulu sebelum memulai kelas agar tidak ada guru yang tidak menguasai materi.
13.     Strategi pengajaran apakah yang Anda terapkan selama ini? Pada murid TK sampai SD kelas 3, bermain sambil belajar. Murid yang lebih besar, dengan memberi joke/lelucon agar tidak kaku proses pembelajarannya.
14.     Apakah Anda mempunyai target prestasi pada siswa/i yang Anda ajar? Murid lebih maju dan pintar.
15.     Apakah di akhir pelajaran siswa/i Anda aktif bertanya? Jika tidak,bagaimana cara Anda membuat siswa/i Anda menjadi aktif bertanya? Diberi kesempatan bertanya atau memberi contoh pada materi pelajaran tersebut.
16.     Apakah Anda suka memotivasi siswa/i? Bagaimana cara Anda memotivasi mereka? Untuk siswa yang bereaksi berlebihan, guru harus bisa membantu murid menyalurkan semangatnya tersebut kepada teman-teman sekelasnya. Untuk siswa yang sedang down atau mempunyai masalah pribadi, guru membujuknya terlebih dahulu dan jika tidak bisa, murid tidak akan terlalu dipaksa.
17.     Apakah Anda mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi? Fasilitas yang mendukung proses pembelajaran sangat mendukung. Kesulitan pribadi, saat jadwal kuliah dan jadwal mengajar sangat sempit waktunya, guru menjadi terburu-buru dalam mengejar waktu.
18.   Apakah budaya mempengaruhi cara Anda berkomunikasi dengan siswa/i yang Anda ajar? Jika ya, apakah hal tersebut mengganggu mereka? Bagaimana cara Anda mengatasinya?
19.     Apakah Anda memiliki komitmen terhadap pekerjaan Anda sebagai guru privat? Belum terpikirkan sampai hal tersebut, untuk sekarang ini hanya sebagai batu loncatan untuk mengisi pekerjaan.
20.     Apakah pekerjaan Anda ini mengganggu kegiatan Anda yang lain? Sedikit mengganggu jika waktu kuliah dan waktu mengajar sempit.
21.    Apakah Anda tidak berniat untuk mendapatkan Akta-4 untuk menjadi seorang guru yang profesional? Belum terpikirkan. Mungkin dapat dipertimbangkan jika S.Psi kurang menguntungkan hidupnya.

No comments:

Post a Comment